by

Yuk, Bergaul Agar Bebas dari Penyakit Jantung!

Ingin terbebas dari penyakit jantung? Caranya ternyata mudah. Cukup bergaul dengan teman-teman yang ‘satu frekuensi’ dengan Anda.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menyumbang kematian terbanyak di Indonesia. Bahkan, penyakit ini kini telah menyerang usia muda. Namun, ada yang menyebutkan dengan memperbanyak bergaul, Anda akan terhindar dari penyakit jantung.

Menjawab persoalan ini, sebuah penelitian dilakukan oleh Erin Machos, MD, selaku direktur rekanan kardiologi di Ciccarone Center for the Prevention of Heart Disease, Amerika Serikat. Ia membuktikan bahwa stres pada wanita dapat memicu penyakit jantung, dan efeknya bisa lebih berbahaya daripada pria.

Erin menjelaskan bahwa wanita cenderung memiliki komplikasi yang lebih kompleks apabila terkena serangan jantung. Penyebabnya adalah stres dan kecemasan yang berlebihan.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, wanita yang mengalami menopause akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen secara drastis. Padahal, hormon tersebut seharusnya menjaga fleksibilitas pembuluh darah arteri dan memperkuat dinding arteri.

“Kondisi penurunan kadar hormon ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada pembuluh arteri yang membawa darah ke jantung,” jelasnya.

Selain itu, wanita menopause juga mengalami peningkatan tekanan darah dan penimbunan lemak di dinding pembuluh darah. Apabila kondisi ini disertai stres yang berat, wanita tersebut akan mengalami gangguan kesehatan jantung.

Jantung lebih sehat dengan bergaul

Bagi sebagian orang, bertemu dengan banyak orang mungkin bukanlah hal yang mudah. Namun, menurut wanita yang akrab dipanggil dr. There tersebut, bersosialisasi merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi tingkat stres yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Sebisa mungkin, adakan pertemuan dengan teman-teman Anda. Atau setidaknya, buatlah janji dengan orang yang membuat Anda merasa nyaman dan bahagia. Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa mengisolasi diri saat stres justru dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

Perlu diketahui, bukan hanya soal komunikasi, isolasi sosial juga berkaitan dengan kebiasaan merokok dan terlalu banyak berdiam diri. Akibatnya, risiko terkena penyakit jantung pun akan meningkat.

Penyakit jantung amatlah berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa. Namun, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan melalui bergaul dengan sebanyak mungkin orang. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas sesuai hobi untuk menambah daftar pertemanan. Tunggu apa lagi? Yuk, agendakan berkumpul bersama teman-teman!

Comment