6 Cara Atasi Mendengkur yang Paling Efektif Ala SehatQ

  • Whatsapp
Atasi Mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu kondisi alami yang banyak terjadi pada orang-orang. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang tua, tapi anak muda juga bisa mengalaminya karena berbagai faktor.

Ada beberapa penyebab mendengkur atau disebut juga ngorok yang umumnya terjadi. Misalnya karena kegemukan, saluran pernapasan yang tersumbat, kurang tidur, masalah pada bagian mulut hidung dan tenggorokan dan lain-lain.

Cara Atasi Mendengkur

Ketika seseorang tidur ngorok tentu cukup mengganggu untuk sekitarnya, maka dari itu membutuhkan beberapa cara untuk mengatasi seperti berikut ini.

1. Posisi Tidur

Kegiatan ngorok bisa cukup efektif diatasi dengan mengubah posisi tidur. Anda bisa mencoba untuk mengubah posisi tidur dengan memiringkan tubuh senyaman mungkin.

Posisi yang nyaman tidak hanya bisa membantu Anda untuk tidak tidur ngorok. Tetapi hal ini bisa juga untuk membantu Anda punya kualitas tidur yang lebih baik.

2. Berat Badan

Selanjutnya, solusi ngorok adalah dengan menurunkan berat badan, obesitas adalah salah satu pemicu mendengkur. Alasannya tentu saja karena ketika Anda memiliki berat badan yang di atas normal maka punya jaringan lemak berlebih di bagian tenggorokan.

Lemak berlebih di sekitaran leher ini akan tertekan pada berbagai sisi sehingga pernapasan Anda jadi semakin sempit. Hal ini bisa mengakibatkan peluang untuk ngorok lebih tinggi. Maka dari itu untuk mengurangi ngorok Anda bisa mencoba dengan melakukan diet untuk penurunan berat badan.

3. Kurangi Merokok

Merokok bisa juga menjadi salah satu pemicu timbulnya ngorok karena gaya hidup yang tidak sehat. Aktivitas merokok bisa merusak membran pada hidung dan juga tenggorokan jadi otomatis jalan nafas terhalangi.

Merokok yang dilakukan terus-menerus tentu bisa menjadi alasan munculnya suara ngorok. Jadi bagi Anda perokok dan selalu ngorok setiap malam, maka bisa mencoba untuk berhenti sekarang juga. Ini bisa menjadi salah satu solusi tercepat untuk menghentikan ngorok.

4. Olahraga

Selain menurunkan berat badan, rajin olahraga juga bisa meminimalisir penyakit ngorok. Saat Anda rutin berolahraga otot tenggorokan lebih mudah terbentuk. Ternyata ini bisa membantu untuk mencegah munculnya suara ngorok.

Selain olahraga biasa, Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga khusus agar bisa memperkuat otot tenggorokan. Seperti misalnya senamĀ  lidah dan latihan pada bagian mulut.

5. Bersihkan Tempat Tidur Dan Bantal

Ternyata kegiatan ngorok juga ada kaitannya dengan kebersihan tempat tidur dan juga bantal. Pertama pada orang yang alergi terhadap debu yang menempel pada bantal dan tempat tidur.

Alergi bulu hewan ketika Anda tidur dengan hewan peliharaan juga bisa mempengaruhi dengkuran. Sebab biasanya bulu yang rontok akan terhirup dan menyumbat jalan udara sehingga menyebabkan Anda mengalami dengkuran.

Sebab itu sebaiknya cuci bantal dan juga sprei minimal 1 minggu sekali. Ada juga harus mengganti bantal lama dengan yang baru dalam kurun waktu 6 bulan sekali. Sebaiknya bersihkan kamar tidur setiap hari, perlu gunakan vacuum cleaner agar benar-benar terhindar dari tungau dan debu.

6. Saluran Hidung yang Tersumbat

Mendengkur juga bisa disebabkan karena hidung yang tersumbat. Apalagi saat lendir hidung terjatuh ke belakang tenggorokan akan memicu Anda tersedak. Anda bisa mengatasinya dengan menyembuhkan terlebih dahulu saluran hidung yang tersumbat menggunakan obat, plester hidung hingga alat bantu pernapasan hidung.

Itu tadi 6 poin yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi mendengkur yang cukup mengganggu sekeliling, terutama Jika Anda tidur dengan pasangan ataupun anggota keluarga lain. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai ngorok atau dengkuran, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya di platform kesehatan keluarga SehatQ. Lakukan akses baik lewat website resmi ataupun aplikasi SehatQ.

Related posts