by

Pentingnya Menyiapkan Lahan Makam Sebelum Kematian

Banyak masyarakat di Indonesia yang mengeluhkan harga lahan makam. Hal tersebut karena beberapa wilayah mematok harga yang cukup mahal. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan lahan makam sebelum kematian. Dengan begitu ketika sudah tiba waktunya, tidak akan perlu merepotkan orang disekitar karena sudah menyiapkan lahan makam sendiri. Berikut ulasannya.

Pentingnya Menyiapkan Lahan Makam Jauh Hari Sebelum Kematian

1. Biaya Yang Mahal

Sebidang tanah untuk dijadikan lahan makam semakin hari semakin mahal. Ada berbagai wilayah yang memiliki harga yang cukup mahal dan ada beberapa wilayah yang memiliki harga yang murah. Hal ini membuat persiapan lahan makan jauh dari hari kematian akan sangat membantu. Keluarga tidak akan merasa kerepotan untuk membantu biaya pembelian lahan makam.

Dengan membelinya terlebih dahulu, tidak akan ada beban untuk diri sendiri maupun orang disekitar. Sehingga memang akan lebih baik menyisihkan dana pribadi untuk membeli lahan makam sebelum kematian sendiri di kemudian hari. Saat kematian tiba, akan langsung diurus dengan cepat dan tidak ribet untuk mencari cari terlebih dahulu dimana lahan yang sedang kosong.

Berikut daftar beberapa makam yang bisa dibeli terlebih dahulu :

2. Memilih Lokasi Makam

Pada agama islam, ada syariat pemakaman yang mewajibkan umat muslim makamnya di wilayah pemakaman muslim juga. Hal tersebut didukung dengan syariah pemakaman yang wajib dilakukan seperti kepastian menghadap kiblat, tinggi makam maksimum 10 cm, tidak ditinggalkan dan tidak pula dibangun bangunan diatasnya, makam hanya terdiri dari nisan dan tidak boleh diinjak.

Disisi lain orang juga biasanya memilih lokasi pemakaman yang memang sesuai dengan keinginannya. Karena dengan memilih lokasi lahan ini, umat islam dapat mencari makan yang memang dikhususkan untuk orang muslim. Dengan begitu bisa melaksanakan syariat yang telah disebutkan sebelumnya. Karena pada pemakaman inilah yang mengantarkan ke alam baka.

Dengan melakukan pemesanan lahan makam sebelum ajal menjelang, maka bisa memilih lokasi dimana saja sesuai keinginan. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan mengapa penting menyiapkan lahan makam sebelum kematian. Biasanya orang banyak yang memesan lahan pemakanan di sekitar kampung halamannya atau bahkan mencari yang dekat dengan keluarga.

Pemilihan lahan ini juga berdampak di kemudian harinya. Manfaat yang didapatkan ketika dapat memilih lahan makam di wilayah pemakaman muslim maka akan mendapatkan doa semua kaum muslimin yang berkunjung ke area makam. Hal tersebut juga menjadi Sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk lebih baik dimakamkan di makam sesame kaum muslimin.

3. Dapat melakukan perizinan dengan segera

Dalam melakukan perizinan untuk memesan lahan pemakaman membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Terlebih pada lahan yang biasanya memang memberikan fasilitas cukup baik untuk perawatan lahan. Biasanya akan banyak surat yang dibutuhkan dan beberapa hal yang lainnya harus diperhatikan. Oleh sebab itu perizinannya memang sedikit lebih rumit.

Dengan mengatur lahan makam sebelum kematian akan membuat pemiliknya nanti merasa tenang dan tidak khawatir mengenai proses pemakamannya maupun dengan perawatan makamnya. Tidak hanya di kawasan pemakaman elit, pada pemakaman umum biasanya juga cukup sulit melakukan izin pembelian lahan untuk makam, sehingga akan lebih baik diurus jauh hari.

Itulah beberapa alasan pentingnya untuk memiliki lahan untuk makam sebelum kematian. Sehingga pemilih bisa merasa tenang dan tidak khawatir mengenai pemakaman dirinya di suatu hari nanti. Tidak merepotkan pihak keluarga dan orang orang sekitarnya untuk mengurus pemakaman. Pembelian dan proses perizinan makam cukup lama akan lebih baik diatur mulai jauh hari.

Comment

News Feed